Penerapan model pembelajaran elaborasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Usia Faifet - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran elaborasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Usia Faifet

Faifet, Usia (2011) Penerapan model pembelajaran elaborasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Usia Faifet. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Elaborasi Hasil Belajar PKn SD. Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Permasalahan yang dialami oleh para siswa kelas IV SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena Kurang pamahamnya guru dalam pemilihan model pembelajaran dan guru kurang kreatifnya Guru masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru Guru tidak pernah memunculkan kompetensi siswa tidak memberikan kesempatan kepada siswa mengemukakan pendapatnya dan Hasil belajar siswa sebagian besar masih kurang khususnya pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk diterapkan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran elaborasi. Dengan tujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran elaborasi pada mata pelajaran PKn dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Madyopuro II setelah diajar melalui model pembelajaran elaborasi Model pembelajaran elaborasi adalah model pembelajaran belajar yang menambahkan ide tambahan berdasarkan apa yang seseorang sudah ketahui sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan 2 siklus dengan standar nilai ketuntasan 70 dan ketuntasan belajar kelas 75% jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis M.C Taggart melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Elaborasi dalam pembelajaran PKn dengan materi Pengaruh Globalisasi pada siklus I menunjukkan 23 orang siswa (51.11%) memperoleh nilai diatas nilai standar (7) 22 orang siswa (48 88%) memperoleh nilai dibawah nilai standar sedangkan pada siklus II 45 orang siswa (80 55%) memperoleh nilai diatas nilai standar yaitu 7 3. Dengan melihat pada nilai rata-rata siswa pada tiap siklus maka pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan. Hal ini melambangkan bahwa model pembelajaran elaborasi ini berhasil meningkatkan berbagai kemampuan siswa sebagaimana dimaksud. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran elaborasi dalam mengajarkan mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103936

Actions (login required)

View Item View Item