Penngkatan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Dorci Tildjuir - Repositori Universitas Negeri Malang

Penngkatan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Dorci Tildjuir

Tildjuir, Dorci (2011) Penngkatan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Dorci Tildjuir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Snowball Throwing PKn SD Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil belajar PKn yang dilaksanakan dikelas III SDN Lesanpuro 3 ditemukan hasil belajar siswa dibawah standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah 6.7. Masalah ini perlu di perhatikan dan dipecahkan oleh guru karena dari 36 siswa dengan tingkat keberhasilan siswa mencapai 15 % dan tingkat ketidak berhasilan siswa mencapai 18 %.Sedangkan pada pra tindakan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai tingkat keberhasilan 88 20 % Metode Pembelajaran Snowball Throwing terdiri atas empat komponen antara lain tahap perencanaan pelaksanaan observasi refleksi Pembelajaran dilakasanam pada mata pelajaran PKn khususnya materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 kecamatan kedungkandang kota malang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang didapat dari proses pembelajaran PKn materi pokok Bangga Terhadap bangsa Indonesia secara klasikal mengalami peningkatan dari 63 39 % pada pra tindakan menjadi 73 04 % kemudian menjadi 82 13 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 58.62 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93.33 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah model pembelajaran Snowball Throwing diterapkan. Berdasarkan uraian di atas maka Kesimpulan Dari hasil penelitian ini yaitu Diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran snowball throwing dalam mengajarkan mata pelajaran PKn. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103934

Actions (login required)

View Item View Item