Penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana bahasa Indonesia kelas V SDN Kiduldalem I Kota Malang / Brampi Djukut - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana bahasa Indonesia kelas V SDN Kiduldalem I Kota Malang / Brampi Djukut

Djukut, Brampi (2011) Penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana bahasa Indonesia kelas V SDN Kiduldalem I Kota Malang / Brampi Djukut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan model CIRC keterampilan bahasa Indonesia. Membaca dapat dipandang sebagai proses pemecahan sandi bawah-atas terhadap simbol-simbol tertulis karena diawali dengan memahami segmen-segmen terkecil (huruf suku kata kata) dalam teks dan kemudian dibangun agar mencakup unit-unit yang lebih besar (anak kalimat kalimat paragraf). Di dalam melakukan pemahaman terhadap bacaan pembelajar menggunakan beberapa strategi untuk membangun pemahaman terhadap unit-unit yang makin lama makin besar sampai akhirnya pembelajar bisa mendapatkan makna dari teks. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas dan obsevasi di kelas V SDN Kiduldalem I Malang di temukan banyak siswa yang belum bisa dalam memahami sebuah teks/bacaan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya strategi yang di gunakan guru dalam proses belajar mengajar model dann media yang disiapkan guru kurang lengkap. Untuk meningkatkan keterampilan dalam memahami isi bacaan maka digunakan model CIRC. Dengan demikian siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam memahami isi wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC terhadap keterampilan siswa kelas V SDN Kiduldalem I kota Malang dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana bahasa Indonesia di kelas V SDN Kiduldalem I kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kiduldalem I kota Malang pada siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindak kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan pelaksanaan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes baik individu maupun kelompok lembar observasi kegiatan guru dan siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian peningkatan dapat dilihat pada saat pra tindakan hasil yang yang dicapai45% kemudian pada siklus I hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 54% dan pada siklus II hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 90 33. Dari presentase hasil belajar siswa pada pratindakan siklus I dan siklus II menunjukan bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi wacana hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan mengajak siswa lebih aktif seperti model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC). Dalam menerapkan model pembelajaran (CIRC) hendaknya guru memahami langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada model pembelajaran tersebut sehingga dapat diterapkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103933

Actions (login required)

View Item View Item