Penerapan strategi direct reading thinking activities untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn bagi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang / Nimas Embun Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi direct reading thinking activities untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn bagi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang / Nimas Embun Pratiwi

Pratiwi, Nimas Embun (2011) Penerapan strategi direct reading thinking activities untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn bagi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang / Nimas Embun Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci DRTA Hasil Belajar PKn SD. Guru sebagai pelaksana dan pengembang pembelajaran harus mampu memilih dan menerapkan berbagai strategi dan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal di SDN Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media. Dalam proses pembelajaran ditemukan hambatan-hambatan yaitu Hasil belajar yang dicapai oleh siswa tidak mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukanyakni 8805 70. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam pembelajaran PKn siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. (2) Mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi dan soal tes untuk menilai hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra tindakan adalah 27 52 dengan criteria sangat rendah mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 63 28 dengan kriteria rendah dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 80 28 dengan kriteria baik. Meskipun ada 5 siswa (20%) yang tidak mencapai criteria ketuntasan individu yaitu minimal 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1.) Penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam pembelajaran PKn kelas III khususnya di SDN Sumbersari 2 Malang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP 2.) Penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam pembelajaran PKn kelas III SDN Sumbersari II Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti sebagian besar siswa (80%) telah mencapai ketuntasan individu yang telah ditetapkan yakni 70. Selanjutnya peneliti menyarankan untuk para guru agar dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis DRTA ini dengan demikian akan ada bahan perbandingan sehingga hasil belajar di kemudian hari menjadi lebih baik. Kepada para pengambil kebijakan diharapkan dengan adanya inovasi baru dalam hal pembelajaran yang dilakukan oleh para guru untuk diberikan dukungan dan motivasi secara memadai. Jika tujuan ini tercapai diharapkan peningkatan mutu pendidikan benar-benar akan dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103928

Actions (login required)

View Item View Item