Pemanfaatan media visual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas V SDN Gedangan 03 Kabupaten Malang / Frandhica Wahyu Ardhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media visual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas V SDN Gedangan 03 Kabupaten Malang / Frandhica Wahyu Ardhianto

Ardhianto, Frandhica Wahyu (2011) Pemanfaatan media visual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas V SDN Gedangan 03 Kabupaten Malang / Frandhica Wahyu Ardhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardhianto Frandhica Wahyu. 2011. Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas V SDN Gedangan 03 Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Drs. Bambang Soerjono M.Ed Kata Kunci media visual interaktif hasil belajar pecahan SD Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Gedangan 03 yang dilakukan peneliti ditemukan beberapa masalah pembelajaran diantaranya (1) Siswa mengalami kesulitan dalam mengubah pecahan biasa ke bentuk lain (2) Hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai kelas 46 15 (3) Guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran pada materi pecahan. Oleh karena itu agar dapat meningkatkan pembelajaran matematika perlu diadakan perbaikan salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pemanfaatan media visual interaktif untuk meningkatkan pembelajaran matematika (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan memanfaatkan media visual interaktif (3) hasil belajar siswa setelah memanfaatkan media visual interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemis Taggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gedangan 03 Kab. Malang dengan jumlah siswa 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media visual interaktif lembar observasi aktivitas siswa soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media visual interaktif siswa kelas V SDN Gedangan 03 dengan kompetensi dasar mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa dari rata-rata refleksi awal pada pra kegiatan 46 15. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 64 61 dan meningkat pada siklus II menjadi 79 18. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Gedangan 03 Kab. Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas V SDN Gedangan 03 Kabupaten Malang dengan memanfaatkan media visual interaktif berhasil diterapkan. Berdasarkan simpulan diatas penulis memberikan saran (1) Agar siswa tidak bosan dalam belajar disarankan untuk diberi permainan dalam pembelajaran (2) Agar tidak menemui kesulitan dalam pembelajaran mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya disarankan agar pemahaman tentang konsep pecahan ditanamkan pada anak terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103927

Actions (login required)

View Item View Item