Khoiriyah, Mutik Atul (2011) Penerapan model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas III E MIN Malang I / Mutik Atul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci CTL Pembelajaran IPA SD Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas III E MIN Malang I masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan yaitu ceramah pemberian tugas dan drill disamping itu guru hanya menggunakan satu sumber belajar dan tidak menggunakan media. Aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran tergolong rendah hal ini terlihat dari rendahnya kemauan siswa untuk mengerjakan latihanlatihan yang diberikan guru. Hasil pra tindakan menunjukkan siswa hanya mencapai rata-rata 65 03 dan hanya ada 10 siswa (28%) dari 36 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 78. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CTL aktivitas siswa ketika diterapkan model CTL dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas III E MIN Malang I dengan menngunakan model CTL. 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas III E MIN Malang I selama pembelajaran IPA dengan menggunakan model CTL. 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III E MIN Malang I melalui penerapan model CTL pada standar kompetensi memahami berbagai cara gerak benda hubungannya dengan energi dan sumber energi . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III E MIN Malang I. Standar Kompetensi memahami berbagai cara gerak benda hubungannya dengan energi dan sumber energi . Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) 2) mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas siswa 3) mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL)untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan pembelajaran IPA kompetensi dasar memahami berbagai cara gerak benda hubungannya dengan energi dan sumber energi MIN Malang I. Penerapan model berturut-turut dari siklus I dan II memperoleh nilai 89 25 dan 96 5. Aktivitas belajar siswa dalam belajar IPA meningkat ketika diterapkan model CTL pada sikus I dan II memperoleh nilai rata-rata 71 dan 85. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model CTL. Siswa yang mendapat kriteria tuntas belajar berturut-turut pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 sebanyak sebanyak 14 siswa atau 38 % 28 siswa atau 78% 34 siswa atau 94% dan 36 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas III E untuk itu disarankan agar guru menerapkan model CTL dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103924 |
Actions (login required)
View Item |