Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui penerapan model kooperatif group investigation di SDN Klampok 03 Singosari Kabupaten Malang / Achmad Taufiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui penerapan model kooperatif group investigation di SDN Klampok 03 Singosari Kabupaten Malang / Achmad Taufiq

Taufiq, Achmad (2011) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui penerapan model kooperatif group investigation di SDN Klampok 03 Singosari Kabupaten Malang / Achmad Taufiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan pembelajaran Model Group Investigation (GI) Pembelejaran IPA SD Pendidikan merupakan salah satu ukuran kualitas kehidupan bangsa karena tingkat pendidikan dapat menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Berdasarkan hasil observasi yang ditemukan bahwa di SDN Klampok 03 Singosari khusunya pada kelas IV belum pernah menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation dalam pembelajaran IPA. Guru menerapkan pembelajaran cenderung menggunanakan cara yang kurang mengaktifkan dan membari tantangan siswa dalam belajar yaitu menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Akibatnya banyak siswa yang meletakkan tangan pada kepalanya dan kurang aktif dalam pembelajaran. Dari nilai siswa pada materi gaya gesek diperoleh rata-rata 55 75 dan ketuntasan kelas 39 02%. Sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan pembelajaran perlu diterapkan model group investigation yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Klampok 03 Singosari 2) mendeskripsikan keaktifan siswa selama penerapan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Klampok 03 Singosari 3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Klampok 03 Singosari melalui penerapan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Klampok 03 singosari yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 26 siswi dan 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah obsevasi wawancara tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa panduan observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Klampok 03 Singosari dengan standar kompetensi .Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dapat dilaksanakan dengan efektif. Keaktifan siswa meningkat dari 53 33 pada awal siklus I menjadi 63 17 pada akhir siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 55 75 dan ketuntasan kelas 39 02% sebelum tindakan menjadi rata-rata 67 05 dan ketuntasan kelas mencapai 65% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan model pembelajaran kooperatif group investigation seharusnya guru melakukan persiapan yang matang dalam dalam mengorganisasi kelompok mulai pada tahap pertama yaitu pemilihan topik berdasarkan minat dan kesukaan sampai pada tahap terakhir yaitu evaluasi. Pembagian dilakukan secara heterogen dengan jumlah anggota kelompok tidak terlalu banyak untuk menghindari ketidak efektifan pembelajaran dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103923

Actions (login required)

View Item View Item