Penerapan model deep learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lodia Wayerjuari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model deep learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lodia Wayerjuari

Wayerjuari, Lodia (2011) Penerapan model deep learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lodia Wayerjuari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Deep Learning Hasil Belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas III SDN Lesanpuro 3 Kota Malang pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa kegiatan pembelajaran pada umumnya hanya dilakukan dengan metode ceramah aktifitas belajar siswa rendah serta suka berbicara dengan teman pada saat pembelajaran berlangsung. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran salah satunya diduga guru belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Dari hasil ulangan pra tindakan menunjukan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 55% dan hanya 9 siswa dari 37 yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Untuk itu agar dapat meningkatkan pembelajaran IPA perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Deep learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran Deep Learning pada pembelajaran pertumbuhan pada makhluk hidup (2) keaktifan siswa selama pembelajaran dengan model Deep learning (3) peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model Deep Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan subjek siswa kelas III sebanyak 37 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dikembengakan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguanaan model Deep Learning pada pembelajaran pertumbuhan pada makhluk hidup kelas III SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Hal ini ditunjukan dengan adanya perolehan guru dalam penerapan model Deep Learning pada aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh rata-rata sebesar 69% menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan kesimpulan di atas aktifitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model Deep Learning. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru supaya dapat mengguankan model pembelajaran Deep Learning dalam pembelajaran IPA dengan begitu siswa dapat mengembangkan potensi diri dan sikap ilmiah. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103921

Actions (login required)

View Item View Item