Djetul, Aminadap (2011) Penerapan pendekatan ilmu teknologi masyarakat (ITM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada IPS kelas IV SDN Klojen Kota Malang / Aminadap Djetul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM) aktivitas hasil Belajar IPS SD. Hasil observasi guru dan siswa ditemukan bahwa siswa di SDN Klojen Kota Malang belum menerapkan Pendekatan Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM). Sebagian siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 75%. Berdasarkan hal tersebut Pendekatan Pembelajaran Ilmu Teknologi Masyarakat Sangat tepat untuk digunakan sebgai alternativ dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor menyenangkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Penerapan Pendekatan Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM) pada pembelajaran IPS ( 2) Mendiskripsikan dampak penerapan Pendekatan Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM) terhadap aktifitas siswa (3)Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada IPS melalui Pendektan Pembelajaran Ilmu Teknologi Masyarakat pada siswa kelas IV SDN Klojen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan Model penelitian tindakan kelas (PTK sumber kemis Tagar dalam Sa dun Akbar 2010) dengan 2 (dua) siklus siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai nilai standar minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah peniliti yang bertindak sebagai guru dan 30 siswa kelas IV SDN Klojen Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Sedangkan intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat penilaian aktivitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam belajar dengan pendekatan Ilmu Teknolgi Masyarakat (ITM) dan post test. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa (1) pada pembelajaran IPS siklus I dengan penerapan pendekatan pembelajaran Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM) kemampuan peniliti/guru dalam melaksanakan pembelajaran mencapai prosentasi keberhasilan 68 0% dan pada siklus II mencapai prosentase keberhasilan 90 6% ( 2) untuk aktifitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai nilai rata-rata 68 0% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 90 6% (3) Untuk hasil belajar siswa pada waktu pra tindakan (sebelum penerapan pendekatan pembelajaran ITM mencapai rata-rata kelas 50 0%. Kesimpulan dari awal penerapan pendekatan ITM pada kegiatan awal pra tindakan di tindaklanjuti ke siklus I dan siklus II yang di laksanakan di SDN Klojen pada mata pelajaran IPS yang menjadi pusat penilaian adalah 1) Aktivitas 2) Hasil belajar dan telah di ketahui bahwa penerapan pendekatan ITM telah mengalami peningkatan pada siklus II. Selanjutkan peniliti menyarankan kepada guru agar dapat menerapkan pendekatan pembelajaran ITM pada pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |