Using two stay two stray technique to improve the reading comprehension skill of the eighth graders of SMPN 6 Malang / Prisca Oktaviani Nur Rosita Dewi

Dewi, Prisca Oktaviani Nur Rosita (2018) Using two stay two stray technique to improve the reading comprehension skill of the eighth graders of SMPN 6 Malang / Prisca Oktaviani Nur Rosita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dewi, Prisca Oktaviani Nur Rosita. 2017. Menggunakan Teknik ÔÇÿTwo-Stay TwoStrayÔÇÖ untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Andreani, M.Ed., (II) Dr. Utari Praba Astuti, M.A. Kata kunci: keterampilan pemahaman membaca, teknik two-stay two-stray, teks recount Dalam belajar bahasa Inggris, membaca adalah salah satu keterampilan paling penting untuk dikembangkan. Pada studi pendahuluan, peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII-7 mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Peneliti juga menemukan bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, peneliti menerapkan teknik two-stay two-stray yang memungkinkan siswa untuk berbagi gagasan dan pengetahuan kepada temanteman mereka dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dengan cara yang menarik. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII-7 di SMPN 6 Malang. Kriteria keberhasilan untuk penelitian ini adalah: (1) 75% siswa dapat memperoleh lima poin atau lebih pada nilai mereka dan (2) 75% siswa mempunyai respon positif terhadap penerapan teknik two-stay two-stray. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan wawancara, lembar observasi, tes membaca, kuesioner, dan catatan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan untuk setiap siklus. Karena peneliti tidak dapat memenuhi kriteria keberhasilan pada siklus I, jadi peneliti melakukan siklus kedua. Perubahan ayng dilakukan peneliti adalah menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk menjelaskan meteri yang diberikan, menambahkan peraturan bahwa setiap kelompok hanya boleh dikunjungi oleh dua orang, dan meminta seluruh siswa untuk aktif dalam diskusi. Diakhir siklus kedua, temuan menunjukkan bahwa (1) 26 siswa (76.48%) dapat memperoleh lima poin atau lebih pada nilai mereka dan (2) 32 siswa (94.11%) mempunyai respon positif terhadap penerapan teknik twostay two-stray. Kesimpulannya, teknik two-stay two-stray berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Teknik ini memberikan siswa cara yang menarik untuk berbagi pengetahuan dan belajar secara aktif dari teman mereka serta menjauhkan mereka dari rasa bosan. Dianjurkan agar guru bahasa Inggris menggunakan teknik two-stay two-stray sebagai salah satu teknik alternatif dalam pengajaran membaca, karena teknik ini telah terbukti menjadi cara yang menarikvi untuk meningkatkan kemampuan membaca. Teknik ini juga dapat digunakan untuk membuat kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Selanjutnya disarankan kepada peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian menggunakan teknik two-stay two-stray pada skill dan topik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item