Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN Pronojiwo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang / Yunita Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN Pronojiwo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang / Yunita Dwi Rahayu

Rahayu, Yunita Dwi (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN Pronojiwo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang / Yunita Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis karangan sederhana media audio-visual SD Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi semua orang sebagai penyampaian suatu pesan menuangkan ide tanggapan kritik serta informasi kepada orang lain. Salah satu penyampaian tersebut dapat melalui suatu perantara yang berupa media. Media audio-visual sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media audio-visual dalam pembelajaran menulis karangan sederhana pada siswa kelas III (2) penerapan media audio-visual dalam meningkatkan aktivitas kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III (3) penerapan media audio-visual dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Pronojiwo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis Mc.Taggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pronojiwo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dengan jumlah siswa 24 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara tes dan dokumentasi. Penerapan media audio-visual adalah untuk membuat kalimat berdasarkan gambar seri kemudian membuat karangan sederhana berdasarkan kalimat yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media audio-visual dalam pembelajaran menulis karangan sederhana siswa kelas III telah sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disusun sebelumnya terbukti antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 10% (2) aktivitas siswa selama pembelajaran menulis karangan sederhana secara klasikal rata-rata pada siklus I sebesar 63.72 untuk siklus II menjadi 84.22 hal ini terjadi peningkatan sebesar 20.5% (3) perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata refleksi awal pada pra tindakan 35.83 menjadi 57.51 pada siklus I begitu pula rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 73.24 hal ini menunjukkan terjadi peningkatan 15.21%. Disarankan bagi (1) guru untuk dipertimbangkan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan sederhana (2) kepala sekolah hendaknya memfasilitasi segala bentuk sarana penunjang pembelajaran secara maksimal agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan hasil belajar siswa meningkat (3) bagi peneliti lain perlu adanya penelitian lain lebih lanjut berkenaan dengan penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103919

Actions (login required)

View Item View Item