Peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecah dengan menggunakan model TPS di kelas IV SDN Madyopuro I Malang / Yuliana Gaelagoy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecah dengan menggunakan model TPS di kelas IV SDN Madyopuro I Malang / Yuliana Gaelagoy

Gaelagoy, Yuliana (2011) Peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecah dengan menggunakan model TPS di kelas IV SDN Madyopuro I Malang / Yuliana Gaelagoy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Thik Pair and Share Peningkatan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecah. Upaya untuk mencapai taraf pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan dituntut adanya suatu kreatifitas ilmiah yang dapat menunjang proses belajar mengajar agar terlaksana secara efektif tidak hanya dari guru tetapi juga peran aktif dari siswa sebagai peserta didik. Guru harus menanamkan keberanian kepada siswa untuk berbuat sesuatu yang dapat mendukung proses belajarnya bukan hanya belajar untuk menerima tetapi juga harus belajar untuk memecahkan masalah terhadap tugas-tugas yang diberikan. Think Pair and Share (TPS) merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dan kemampuan menjumlahkan bilangan pecah kelas IV SDN Madyopuro I Malang yang jumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dari hal observasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan dengan pembelajaran kooperatif tipe think par and share di peroleh hasil bahwa pada pra tindakan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 38 95. Terdapat 18 (31 74 %) siswa telah mencapai ketuntasan individu sedangkan 25 (68 26 %) siswa belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan sebesar 70. Sedangkan ketuntasan belajar kelas minimal 75% juga belum tercapai. Pada siklus I Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 86 02 sebanyak 38 (81 97 %) siswa sudah mencapai Kriteria ketuntasan individu. Sebanyak 5 (18 03 %) siswa belum tuntas belajar karena belum mencapai kriteria ketuntasan individu. Pada siklus II hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Madyopuro I Malang mengalami kenaikan dengan rata-rata sebesar 87 32 sebanyak 40 (100%) siswa telah mencapai ketuntasan belajar individu maupun ketuntasan klasikal. Dengan demikian tingakt pemahaman siswa meningat baik dari hasil rata-rata maupun nilai kelas dari hasil presentasi siswa secara individu.Penerapan model think pair and share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa SDN Madyopuro I Malang dalam menjumlahkan bilangan pecah. Penggunaan model think pair and share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Madyopuro I Malang dalam menjumlahkan bilangan pecah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103918

Actions (login required)

View Item View Item