Implementasi model pembelajaran direct instruction (DI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Sofiana Leisubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran direct instruction (DI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Sofiana Leisubun

Leisubun, Sofiana (2011) Implementasi model pembelajaran direct instruction (DI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Sofiana Leisubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Direct Instruction Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan obervasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di dalam kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS antara lain aktivitas dan hasil belajar siswa masih kurang yang di tandai oleh kurang aktif dalam mencari pengetahuan sendiri cenderung pasif hanya menunggu pemberian materi oleh guru kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung secara formal dan metode yang digunakan oleh guru yaitu metode konvensional sehingga pembelajaran dikelas masih didominasi oleh guru siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran serta kurangnya kerjasama dalam proses pembelajaran Standar Ketuntasan Minimum (SKM) pada mata pelajaran IPS yang ditentukan di sekolah yaitu 70. Oleh karena itu pada penelitian ini di coba untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Masalah-masalah sosial yang ada dilingkungan setempat melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 Siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh oleh lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan (2)pelaksanaan tindakan (3)observasi dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah (a) pedoman observasi (b) tes dan (c) wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi model Direct Instruction pada mata pelajaran IPS materi pokok Masalah-masalah sosial yang ada dilingkungan setempat di kelas IV SDN Lesanpuro III peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari pratindakan siklus I ke siklus II yaitu mengalami peningkatan yaitu dari pra tindakan siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 29 siswa (58 04%) dan yang tuntas sebanyak 12 siswa (29.26%) sedangkan pada siklus 1 siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa (31.60%) dan siswa yang meningkat (16 8%) sedangkan pada siklus II siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (4 87%) dan yang tuntas sebanyak 39 siswa (95 13%) jadi pada siklus II ini siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran IPS dengan materi pokok Masalah-masalah sosial telah tuntas. Kesimpulan secara keseluruhan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah diterapkan model Direct Instruction. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu hendaknya guru memahami karakteristik siswa sehingga tindakan yang di lakukan lebih efektif dan menyenangkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103916

Actions (login required)

View Item View Item