Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung / Yunia Mikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung / Yunia Mikawati

Mikawati, Yunia (2011) Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung / Yunia Mikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model TAI IPA Pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada siswa kelas V SDN Purworejo 1 Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah bervariasi siswa duduk dan mendengarkan penjelasan guru siswa jarang sekali diberikan kegiatan belajar secara berkelompok antara siswa yang satu dan yang lainnya masih sukar untuk saling bekerja sama siswa lebih suka mengerjakan secara individu dan tidak mau bila bergabung dengan temannya yang tidak setara tingkat kemampuan dengannya. Hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana menunjukkan bahwa dari 25 siswa terdapat 19 siswa yang nilainya belum mencapai SKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung (2) aktivitas siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung selama pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (3) hasil belajar siswa kelas V SDN Purworejo 1 Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Purworejo 1 Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan subyek siswa kelas V sebanyak 2 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 sisa perempuan. Jenis yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Purworejo 1 dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya . Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model TAI pada pada siklus I sebesar 85 5% dan pada siklus II meningkat menjadi 93 7 %. Aktivitas siswa meningkat pada siklus I dengan tingkat keberhasilan sebesar 65 85% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86 68%. Hasil belajar juga meningkat pada siklus I pertemuan ke-1 ketuntasan klasikal 60% pada siklus I pertemuan ke-2 ketuntasan klasikal meningkat menjadi 68% pada siklus II pertemuan ke-1 ketuntasan klasikal 72% dan pada siklus II pertemuan ke-2 ketuntasan klasikal meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru atau peneliti lainnya serta kepala sekolah sebaiknya memperhatikan kekurangan yang dipaparkan dalam penelitian ini seperti dalam melakukan percobaan seharusnya semua siswa dapat melakukan percobaan sesuai yang ada di LKS baik siswa yang berkemampuan tinggi maupun rendah. Dalam hal ini guru dapat melakukannya dengan memberikan batasan waktu pada setiap kegiatan yang harus dilakukan pengorganisasian kelas harus lebih baik dan efektif sebelum pelaksanaan pembelajaran guru harus menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran TAI dengan jelas guru harus lebih memahami karakteristik siswa dan selalu memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103913

Actions (login required)

View Item View Item