Meningkatkan hasil belajar IPS melalui media gambar pada siswa kelas II SDN Turi 1 Kota Blitar / Umi Nikmatu Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPS melalui media gambar pada siswa kelas II SDN Turi 1 Kota Blitar / Umi Nikmatu Rohmah

Rohmah, Umi Nikmatu (2011) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui media gambar pada siswa kelas II SDN Turi 1 Kota Blitar / Umi Nikmatu Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar IPS media gambar Hasil belajar IPS siswa kelas II SDN Turi 1 Kota Blitar masih kurang memuaskan dari 24 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 yaitu hanya 7 siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung ceramah berpusat pada guru dan tidak menggunakan media dalam penyampaian materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui media gambar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan berdasarkan observasi awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Turi 1 Kota Blitar pada kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan tes dengan menggunakan instrumen pedoman observasi siswa pedoman observasi guru dokumentasi dan lembar tes akhir. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar mengalami peningkatan baik rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan adalah 55 meningkat pada siklus 1 menjadi 63 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 78. Ketuntasan belajar klasikal siswa dari pra tindakan adalah 25% meningkat pada siklus 1 menjadi 46% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 96%. Pada akhir siklus 2 terdapat 1 siswa yang belum tuntas karena siswa tersebut mengalami keterlambatan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103912

Actions (login required)

View Item View Item