Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode group investigasi (GI) siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang / Leonardus Ngoyem - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode group investigasi (GI) siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang / Leonardus Ngoyem

Ngoyem, Leonardus (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode group investigasi (GI) siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang / Leonardus Ngoyem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Group Investigasi (GI) aktivitas dan hasil belajar IPS SD. Dari hasil observasi serta wawancara dengan guru kelas IV Malang tentang metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah tanya-jawab pemberian tugas dan jarang menggunakan metode-metode atau pendekatan yang baru (inovatif) seperti pembelajaran kooperatif dan lainnya mengakibatkan siswa malas dan enggan belajar IPS hasil belajar yang dicapai pun tidak maksimal.hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada hasil pre test yaitu (15.85%) yang tuntas 7/(25.92) dan yang tidak tuntas 20/(74.07) Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Berdasarkan pada masalah tersebut maka peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan pembelajaran dengan menawarkan salah satu metode yang dianggap mampu yaitu metode Group Investigasi. untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kiduldalem I yang mencakup pemahaman konsep dan kemampuan kerjasama antar siswa. pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif metode Group Investigasi (GI). Group Investigasi (GI) terdiri atas enam komponen antara lain Seleksi topik dan pembagian kelompok Merencanakan kerja-sama Implementasi Analisis dan sintesis Penyajian hasil akhir Evaluasi. Pembelajaran dilakasanam pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok Perkembangan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan tes selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui Metode Group Investigasi (GI) siswa kelas IV SDN Kiduldalem 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Dengan analisis data secara kualitatif dan penelitian tindakan secara kolaboratif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1 Penggunaan metode Goup Investigasi (GI) dapat meningkatka aktivitas siswa secara individu dan kelompok khususnya dalam proses pembelajaran untuk memahami materi Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini terbukti bahwa dalam proses pembelajaran siswa yang belajar aktif guru hanya menjadi fasilitator yang menekankan keaktifan siswa secara fisik mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek koqnitif afektif dan psikomotor.sehingga terbukti bahwa aktivitas yang dilakukan siswa yaitu baik secara individu maupun secara kelompok terjadi peningkatan dengan baik.(2 Dampak dari pembelajaran kooperatif metode Group Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari perbandingan hasil belajar pra tindakan yang memperoleh presentase nilai rata-rata kelas 58.70% dengan tingkat keberhasilan siswa secara individu 25.92% dan tingkat ketidak berhasilan siswa 74.07% pada siklus I meningkat menjadi prensentase nilai rata-rata kelas 69 44% dan tingkat keberhasilan siswa meningkat menjadi 44 44% sedangkan tingkat ketidak berhasilan siswa menurun menjadi 55 55%. Sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi presentase nilai rata-rata kelas mencapai 81.89% tingkat keberhasilan siswa menjadi 82. 75% dan tingkat ketidak berhasilan siswa menurun menjadi hanya 17. 24%. Berdasarkan pada hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Group Investigasi dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN KidulDalem I yang mana siswa telah mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan hasil belajar pun meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103911

Actions (login required)

View Item View Item