Peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui metode learning starts with a question di kelas IV SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roswita Deraukin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui metode learning starts with a question di kelas IV SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roswita Deraukin

Deraukin, Roswita (2011) Peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui metode learning starts with a question di kelas IV SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roswita Deraukin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Ketrampilan Membaca Nyring Metode Learning Starts With A Question Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap membaca nyaring di depan kelas dan berani di hadapan banyak orang memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun menimpa masyarakat. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kerja sama siswa dalam proses belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Metode Learning Starts With A Question adalah salah satu dari metode prosedural. Yaitu metode yang menyarankan agar penerapan prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan langkah-langkah yang harus di tempuh secara berurutan. Alasan dalam memakai Metode Learning Starts With A Question ini adalah karena pada SDN Madyopuro dalam pembelajaran di kelas guru pada proses pembelajaran tidak biasanya menggunakan model ataupum atau strategi pembelajaran hanya guru membiasakan siswa untuk selalu belajar dengan cara mengerjakan tugas-tugas yang terdapat pada buku LKS masing-masing tanpa ada penjelasan apapun dari guru.Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Learning Starts With A Question agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada siswa kelas IV SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model MC Kernan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes selama proses pembelajaran.Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 64 33% Setelah titerapkan pembelajaran metode Learning Starts With A Question pada siklus I dan siklus II maka pada hasil pos tes siklus I hanya 10 (45 45 %) siswa yang mampu memperoleh nilai di atas standar keberhasilan yang ditetapkan (70 %) dan 25 (55 55%) siswa lainya belum mencukupi standar yang ditetapkan dengan rata-rata kelas adalah 75 %. Sedangkan pada siklus dua rata-rata kelas meningkat menjadi 20 (90 %) siswa dan tingkat keberhasilan siswa berkurang menjadi 2 (9 91 %) siswa. Oleh karena itu secara klasikal rata-rata nilai siswa dalam kelompok maupun individu siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103910

Actions (login required)

View Item View Item