Renyaan, Mohamad Fadli Fauzi (2011) Aplikasi model mind mapping berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B di SDN Klojen Kota Malang / Mohamad Fadli Fauzi Renyaan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model mind mapping berbasis eksperimen pembelajaran aktivitas hasil belajar. Mind mapping berbasis eksperimen adalah kolaborasi dua komponen pembelajaran yang digabungkan oleh peneliti menjadi suatu model pembelajaran. Dengan model mind mapping berbasis eksperimen siswa tidak hanya lebih mudah mencatat dan mengingat materi yang dipelajari melalui model mind mapping tetapi siswa juga dapat membuktikan konsep-konsep teori-teori atau fakta-fakta yang dipelajari melalui kegiatan eksperiment. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada pembelajaran IPA ditemukan fakta bahwa dalam proses pembelajaran guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan diskusi biasa. Selain itu guru tidak dapat menghadirkan media yang kongkrit dan kurang tepat dalam memilih model pembelajaran. Kondisi ini mengakibatkan dalam proses pembelajaran siswa tampak pasif sehingga berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan itu perlu diadakannya perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisiwa melalui aplikasi model mind mapping berbasis eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aplikasi model mind mapping berbasis eksperimen dalam pembelajaran IPA serta mendeskripsikan aplikasi model mind mapping berbasis eksperimen dalam peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN Klojen kota Malang. Data penelitian yang dikumpulkan yakni data berupa penerapan model mind mapping berbasis eksperimen aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang dirancang sesuai dengan langkah-langkah model mind mapping berbasisi eksperimen diketahui pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 34 03 dan pada siklus 1 pertemuan II mencapai 44 11. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan I nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 54 19 dan pertemuan II mencapai 65 12. Adpun hasil belajar siswa yang dicapai dalam penelitian ini sebelum tindakan rata-rata hasil siswa 52 05 dengan ketuntasan belajar 26 47% pada tindakan siklus 1 pertemuan I meningkat menjadi 60 14 dengan ketuntasan belajar 38 24% kemudian meningkat lagi pada pertemuan II menjadi 69 29 dengan ketuntasan belajar 55 89% . Kemudian terjadi peningkatan pada siklus 2 peremuan I menjadi 76 47% dengan nilai rata-rata 79 55 dan meningkat lagi pada pertemuan II 91 17% nilai rata-rata 90 14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model mind mapping berbasis eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan model pembelajaran mind mapping berbasis eksperimen hendaknya dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |