Penerapan model think pair share untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nur Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nur Ulfa

Ulfa, Nur (2011) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nur Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Think Pair and Share Pembelajaran Aktivitas Hasil Belajar Model Think-Pair-Share adalah salah satu model pembelajaran yang merupakan struktur kegiatan belajar mengajar berkelompok. Pada model ini siswa dikelompokan secara berpasangan (dua siswa) yang mengakibatkan terjadinya stimulus dan respon diantara siswa tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan terhadap pembelajaran IPA ditemukan fakta bahwa pembelajaran hanya terkait pada tugas yang di berikan yang berisi kumpulan soal-soal. Aktifitas siswa cenderung pasif hanya sebatas menyelesaikan tugas yang diberikan kemudian dikerjakan tanpa adanya penjelasan pengamatan dan percobaan. Hal ini berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Thik Pair and Share.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Pair and Share dalam pembelajaran IPA serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Lesanpuro I kecamatan kedungkandang kota Malang dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian tindakan kelas yaitu pendekatan deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lesanpuro I kecamatan Kedungkandang kota Malang. Data penelitian yang dikumpulkan yakni data berupa paparan penerapan model Think Pair and Share aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan tes. Pada penelitian ini diperoleh dua simpulan yakni (a) Pembelajran IPA sudah sesuai dengan langkah-langkah model Think Pair and Share (b) Pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share ternyata mampu mengubah aktivitas dan hasil belajar terhadap pelajaran-pelajaran yang dianggap sulit yang semula kurang semangat kurang menarik serta membosankan (c) Pembelajaran TPS pada siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang mampu meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti sebelum tindakan rata-rata hasil siswa 57 97 dengan ketuntasan belajar 4 76% meningkat menjadi 60 dengan ketuntasan belajar 16 66% siklus 1 kemudian meningkat lagi pada siklus I pertemuan 2 menjadi 70 95 dengan ketuntasan belajar 50% kemudian terjadi peningkatan pada siklus II peremuan 1 menjadi 81 66% dan terjadi lagi peninggkatan pada siklus II pertemuan 2 yang menvapai 86 66%. Untuk itu disarankan model pembelajaran Think Pair and Share hendaknya dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103908

Actions (login required)

View Item View Item