Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model discovery siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Oktovina Desnam - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model discovery siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Oktovina Desnam

Desnam, Oktovina (2011) Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model discovery siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Oktovina Desnam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Discovery peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti tentang mata pelajaran IPA kelas IVB SDN Lesanpuro 3 Kota Malang dapat diketahui bahwa siswa memiliki kualitas pembelajaran yang rendah di antaranya siswa cenderung pasif dan merasa bosan dalam pembelajaran IPA pembelajaran yang tidak didukung dengan media nyata. Nilai rata-rata siswa kelas IVB pada hasil belajar adalah 56 43% masih kurang dari kriteria yang ditentukan yaitu 70%. Hal ini dikarenakan model yang digunakan pada pembelajaran IPA adalah model konvensional. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Discovery untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa tentang materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan melalui Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran discovery siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya. Model pembelajaran Discovery dilakukan melalui fase-fase yang dikemas dalam bentuk sintaks. Adapun sintaksnya dibagi ke dalam tiga fase yakni (a) presentasi data dan analisis data (b) menguji pencapaian konsep dari suatu konsep (c) analisis strategi berpikir. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang diadaptasi dari Kemmis Taggart terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus meliputi (1) planning (2) acting dan observing (3) Reflecting (4) revise plan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 42 siswa terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran IPA materi pokok Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan di kelas IVB SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dikategorikan baik dengan melihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari pra tindakan Siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata kelas sebesar 56 43% meningkat menjadi 67 5% dan meningkat lagi menjadi 78 7%. Hasil tes siswa pada tindakan siklus I ke siklus dua telah tuntas pemahaman konsep siswa meningkat baik dari hasil rata-rata nilai kelas maupun dari hasil presentasinya. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan model pembelajarn Discovery dapat meningkatan kualitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya materi pokok Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan di kelas IVb SDN Lesanpuro kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengharapkan bahwa tidak hanya mata pelajaran IPA saja yang mencoba menggunakan model pembelajaran Discovery tetapi juga untuk mata pelajaran yang lain dapat juga menggunakan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103907

Actions (login required)

View Item View Item