Penerapan the power of two strategy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Sukoharjo II Kecamatan Klojen Kota Malang / Muharam Wahkofan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan the power of two strategy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Sukoharjo II Kecamatan Klojen Kota Malang / Muharam Wahkofan

Wahkofan, Muharam (2011) Penerapan the power of two strategy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Sukoharjo II Kecamatan Klojen Kota Malang / Muharam Wahkofan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci The Power Of Two Strategy aktivitas belajar dan hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi berbagai organisasi di lingkungan sekolah belum maksimal. selain itu siswa cenderung merasa bosan bila pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbagai organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui The Power Of Two Strategy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC.Taggart sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sukoharjo II Kecamatan Klijen Kota Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang berbagai organisasi di lingkungan sekolah setelah menggunakan The Power Of Two Strategy dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran. Melalui strategi tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan. Rata-rata sebesar 56 00 naik pada siklus I menjadi 83 51 dan meningkat lagi siklus II sebesar 92 15. Peningkatan antara pra tindakan dan tindakan siklus I sebanyak 27 51. Antara rata-rata siklus I dan siklus II ada peningkatan sebanyak 8 64%. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat 91%. Penelitian ini melalui The Power Of Two Strategy. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui The Power Of Two Strategy pada kelas V SDN Sukoharjo II Kecamatan Klojen Kota Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada berbagai organisasi di lingkungan sekolah. Melalui The Power Of Two Strategy siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar yang ditemukan. Siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebanyak 41 siswa sedangkan 4 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103906

Actions (login required)

View Item View Item