Penggunaan strategi the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Amelda Asri Maigoda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Amelda Asri Maigoda

Maigoda, Amelda Asri (2011) Penggunaan strategi the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Amelda Asri Maigoda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi The Power Of Two aktivitas belajar dan hasil belajar PKn SD Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi berbagai organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat belum maksimal. selain itu siswa cenderung merasa bosan bila pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbagai organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui strategi The Power Of Two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC.Taggart sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui strategi The Power Of Two pada kelas V SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada berbagai organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Melalui strategi The Power Of Two siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar yang ditemukan. Siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebanyak 41 siswa sedangkan 4 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang berbagai organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat setelah menggunakan strategi The Power Of Two dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran. dengan pembelajaran melalui strategi tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 56 00 sedangkan rata-rata kelas pada siklus I yaitu 83 51 dan rata-rata kelas pada siklus II yaitu 92 15. Terdapat peningkatan antara pra tindakan dan tindakan siklus I sebanyak 27 51. Antara rata-rata siklus I dan siklus II ada peningkatan sebanyak 8 64%. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103905

Actions (login required)

View Item View Item