Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota malang pada mata pelajaran IPS / Sarah Karatem - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota malang pada mata pelajaran IPS / Sarah Karatem

Karatem, Sarah (2011) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota malang pada mata pelajaran IPS / Sarah Karatem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw. Proses dan Hasil Belajar IPS SD Pelaksanaan pembelajaran IPS hendaknya guru dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar yang ditujukan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan belajarnya. Permasalahannya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Akar penyebab munculnya hasil belajar siswa di bawah SKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 70% karena dalam proses KBM guru di kelas masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tugas individu dan guru belum paham dengan model-model pembelajaran Kegiatan pembelajaran tersebut berdampak pada aktivitas dan pemahaman siswa tarhadap materi yang diajarkan. Siswa cenderung pasif lebih dominan bercerita dengan teman sebangkunya. Kurangnya pemahaman siswa pada materi koperasi. Hasil Tes menjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sekitar 17 % untuk soal (1) 15% soal nomor (2) 57 5% soal nomor (3) 13 % soal nomor (4) dan nomor (5) 67 5%. hasil tes menunjukan bahwa siswa kurang terampil dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Tujuan penilitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang 2)bagaimana penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang 3)Apakah penerapan model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes observasi lembar APKG dan dokumentasi. Selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan alur penelitian PTK. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I pertemuan pertama 56 10 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan kedua nilai rata-rata hasil belajar siswa 60 11 termasuk kategori (cukup).Sedangkan siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa (74 86) termasuk kategori(cukup) dan pertemuan kedua mencapai 99 02 termasuk kategori(tinggi). Dari data hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaranjar jigsaw dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103903

Actions (login required)

View Item View Item