Penerapan model complete setence berbasis gambar untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda siswa kelas II SDN Karang Besuki 01 kota Malang / Yuliawati Ma'sum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model complete setence berbasis gambar untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda siswa kelas II SDN Karang Besuki 01 kota Malang / Yuliawati Ma'sum

Ma'sum, Yuliawati (2011) Penerapan model complete setence berbasis gambar untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda siswa kelas II SDN Karang Besuki 01 kota Malang / Yuliawati Ma'sum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Complete Sentence Gambar Kemampuan Mendeskripsikan Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Karangbesuki 01 Malang terdapat permasalahan siswa kurang bisa mendeskripsikan benda karena gambar benda yang ada di buku tidak terlalu jelas tidak berwarna kurang menarik bahkan gambar terlalu kecil. Selain itu guru belum sepenuhnya melakukan inovasi pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 45 69 jumlah dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan 65. Sebab terapi yang diyakini tepat untuk mengatasi fenomena itu adalah penerapan model complete sentence berbasis gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model complete sentence berbasis gambar (2) peningkatan kemampuan mendeskripsikan benda melalui model complete sentence berbasis gambar pada siswa kelas II SDN Karangbesuki 1. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif untuk memperbaiki kinerja guru sehingga kemampuan mendeskripsikan benda pada siswa meningkat. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Karangbesuki 1 Kota Malang sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes tulis wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan dengan menerapkan model complete sentence berbasis gambar dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda pada siswa kelas II SDN Karangbesuki 1 Malang. Aktivitas guru dalam pembelajaran setelah di rata-rata dari siklus I yaitu 87% meningkat menjadi 98% di siklus II. Hasil belajar siswa yang dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan pada pratindakan nilai rata-rata 45 69 meningkat menjadi 59 6 di siklus I dan siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 89 69. Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa. Bagi guru agar menerapkan model complete sentence berbasis gambar dalam pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103902

Actions (login required)

View Item View Item