An evaluation of English textbook "When English Rings a Bell" for SMP/MTs grade VIII / Dwi Rudi Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

An evaluation of English textbook "When English Rings a Bell" for SMP/MTs grade VIII / Dwi Rudi Hartono

Hartono, Dwi Rudi (2017) An evaluation of English textbook "When English Rings a Bell" for SMP/MTs grade VIII / Dwi Rudi Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Hartono Dwi Rudi 2017. An Evaluation of English Textbook When English Rings A Bell for SMP/MTs Grade VIII. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo. M.Pd. M.Ed (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci studi evaluasi buku teks bahasa Inggris kriteria buku teks yang baik Buku teks bahasa Inggris memegang peranan penting dalam proses belajar dan mengajar. Buku teks bagi siswa berperan sebagai sumber belajar secara mandiri yang efektif dan sebagai bahan latihan yang dapat diakses secara mandiri dan sebagai refesensi untuk ide-ide latihan-latihan kosakata tatabahasa pelafalan dan sebagainya. Bagi guru buku teks adalah sumber yang efektif untuk materi ide-ide latihan-latihan dalam proses belajar mengajar sebagai silabus dan sebagai pendukung untuk guru yang memiliki sedikit pengalaman dalam mengajar yang belum mempunyai kepercayaan diri (Cunningsworth 1995). Oleh karena itu penulis ingin mengevalusi buku teks bahasa Inggris When English Rings A Bell for SMP/MTs Grade VIII yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2017. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur dan menilai apakah buku teks When English Rings A Bell for SMP/MTs Grade VIII telah sesuai dengan kriteria buku teks yang baik dalam hal ketrampilan berbahasa isi kebahasaan dan topik. Metode evaluasi dalam studi ini adalah studi dokumen. Pengevaluasi menggunakan bagan evaluasi sebagai instrumen utama. Bagan evaluasi berasal dari Cunningsworth s checklist yang telah dimodifikasi dan berisi aspek keterampilan berbahasa isi kebahasaan dan topik. Alasan pengevalusi hanya mengevalusi tiga aspek dalam studi ini karena (1) keterampilan berbahasa berhubungan dengan tujuan mengajar dan belajar bahasa inggris di Indonesia yakni untuk menguasai ke empat keterampilan berbahasa Inggris (2) isi kebahasaan mempunyai bagian yang besar dalam buku teks (3) topik adalah kunci untuk membuat materi dalam kemampuan berbahasa menjadi menarik dan sesuai dengan kemampuan para siswa. Pengevalusi juga menggunakan silabus bahasa Inggris SMP kelas VIII dalam proses evaluasi sehingga hasil evaluasi tidak subjektif dan lebih bisa di pertanggungjawabkan. Ada beberapa poin yang dipaparkan di bagian hasil. Pertama hal yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa buku teks telah memuat empat keterampilan berbahasa dengan porsi yang berbeda-beda. Mendengarkan mempunyai porsi yang paling kecil. Buku teks tidak menyediakan bahan rekaman atau video mengindikasikan bahwa bahan-bahan untuk mendengarkan bergabung dengan bahan-bahan untuk berbicara. Bahan-bahan dan aktivitas membaca juga bergabung dengan bahan-bahan dan aktivitas menulis. Semua bahan yang adaiv dalam buku teks sesuai dengan tingkat kemampuan para siswa. berdasakan silabus. Kedua hal yang berhubunganan denga isi kebahasaan buku teks telah memuat tiga aspek utama isi kebahasaan sepeti hal ketatabahasaan hal kosa kata dan hal fonologi di setiap bab. Aspek aspek isi kebahasaan dalam buku teks sesuai dengan tingkat kemampuan para siswa berdasarkan silabus. Ketiga dalam hal topik buku teks menyediakan topik yang berbeda pada setiap bab. Topik-topik ini menarik dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa berdasarkan standar kopentensi dari silabus. Bahkan topiknya bisa meningkatan pengetahuan siswa berhubungan dengan alam dan sejarah. Berdasarkan hasil kajian penulis menyimpulkan bahwa buku teks When English Rings A Bell for SMP/MTs Grade VIII secara umum telah memenuhi kriteria buku teks yang baik. Penulis menyarankan jika para guru kelas delapan berencana menggunakan atau telah menggunakan buku teks ini mereka seharusnya menutupi kelemahan yang ada dalam buku teks ini dengan menyediakan bahan-bahan mendengarkan dan menyediakan bahan-bahan membaca yang menarik. Untuk penulis-penulis buku teks ini mereka harus meningkatkan kualitas buku teks ini berdasarkan kriteria buku teks yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10390

Actions (login required)

View Item View Item