Peningkatan kemampuan menulis karangan naratif melalui model guided writing di kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Malang / Adhan Surya Komaria Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan naratif melalui model guided writing di kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Malang / Adhan Surya Komaria Ningrum

Ningrum, Adhan Surya Komaria (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan naratif melalui model guided writing di kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Malang / Adhan Surya Komaria Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Guided Writing Kemampuan Menulis Karangan Naratif Hasil observasi awal pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai kemampuan menulis karangan siswa kelas IV di SDN Oro-oro Dowo menunjukkan siswa kurang mampu mengintegrasikan ide/gagasan dengan baik serta sering terjadi kesalahan penulisan seperti huruf kapital tanda baca dan ejaan dalam tiap kalimatnya. Permasalahan yang terjadi disebabkan karena (1) guru hanya memberikan topik/tema (2) kegiatan koreksi kurang dibiasakan (3) siswa kurang memahami proses menulis (4) Pembelajaran terpusat pada guru. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan suatu model. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis karangan naratif melalui model guided writing di kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang (2) peningkatan kemampuan menulis karangan naratif dengan menerapkan model guided writing di kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi penerapan model guided writing lembar penilaian aktivitas siswa catatan lapangan lembar wawancara dan deskripsi penilaian karangan naratif. Hasil penelitian penerapan model guided writing dalam menulis karangan naratif dilakukan melalui 6 tahap yaitu (1) menyampaikan tujuan (2) menyampaikan langkah pembelajaran (3) pemodelan (4) mengorganisir pembelajaran (5) evaluasi (6) pemberian reward dan pemajangan karya siswa. Penerapan model ini pada siklus I menunjukkan keterlaksanaan 87% pada silus II meningkat menjadi 90 8%. Peningkatkan kemampuan menulis karangan naratif siswa kelas IV SDN oro-oro Dowo Malang dilihat dari proses berupa aktivitas siswa dan hasil karangan siswa. Peningkatan hasil karangan siswa dilihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis siklus I mencapai 72 9 dengan keberhasilan klasikal 63 2%. Selanjutnya siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80 8 dengan peningkatan klasikal 81 6%. Peningkatan aktivitas siswa siklus I mencapai 78%. Keaktifan siklus II meningkat 97 4%. Dari data di atas disimpulkan bahwa penerapan model guided writing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan naratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan penerapan model guided writing ini hendaknya guru menggunakan variasi media dan proses pembimbingan serta dapat mengadakan kegiatan darma wisata sebagai sumber tulisan siswa. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat disajikan sebagai dasar pertimbangan penelitian lebih lanjut yang sejenis dengan menggunakan jenis teks berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103899

Actions (login required)

View Item View Item