Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota Malang / Yusmiati Maigoda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota Malang / Yusmiati Maigoda

Maigoda, Yusmiati (2011) Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 kota Malang / Yusmiati Maigoda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model interaktif Pembelajaran IPA SD IPA (Ilmu Pengeahuan Alam) merupakan hasil kegiatan manusia yang berupa pengetahuan gagasan dan konsep yang terorganisasi dengan alam sekitar melalui penyelidikan penyusunan dan gagasan-gagasan. Tujuan pembelajaran IPA di SD salah satunya adalah untuk mengembangkan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Model interaktif dikenal dengan pendekatan pertanyaan anak. Model interaktif merupakan model yang dirancang agar siswa lebih aktif dan tercipta interaksi yang terkoordinasi dalam pembelajaran. Siswa yang bertanya menemukan jawaban pertanyaan mereka sendiri. Jawaban tersebut ditemukan peserta didik dengan cara menganalisis dan membuktikan kebenaran jawaban. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata sebelum menggunakan model interaktif mencapai 50 16 dengan 27 orang siswa (90%) yang belum tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tuntas (10%) setelah menggunakan model interaktif nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 69 44% dan diperoleh hasil 25 orang siswa (60%) yang belum tuntas dan hanya 11 siswa yang tuntas 30 55%. Pada siklus II dari 36 siswa diperoleh hasil 35 siswa (97 22%) mencapai ketuntasan individu dan 1 siswa (2 77%) belum mencapai ketuntasan individu namun untuk ketuntasan kelas sudah memenuhi kriteria 80% lebih dengan nilai rata-rata yang diperoleh 80 3. Kesimpulan dari latar belakang diatas maka IPA (Ilmu Pengeahuan Alam) merupakan hasil kegiatan manusia yang berupa pengetahuan gagasan dan konsep yang terorganisasi dengan alam sekitar melalui penyelidikan. Tujuan pembelajaran IPA di SD salah satunya adalah untuk mengembangkan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Model interaktif dikenal dengan pendekatan pertanyaan anak. Saran Pembelajaran mempunyai dua karakteristik diantaranya (1) melibatkan proses mental siswa secara maksimal bukan hanya menuntut siswa sekedar mendengar mencatat akan tetapi menghendaki aktivitas siswa dalam proses berfikir. (2) membangun suasana dialogis dan proses tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang pada gilirannya kemampuan berfikir itu dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan yang mereka bangun sendiri. Oleh karena itu kita harus menerapkan model interaktif karena model interaktif sangat bagus diterapkan di sekolah dasar (SD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103898

Actions (login required)

View Item View Item