Penerapan teknik permainan bahasa crossword untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Tina Wamona - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik permainan bahasa crossword untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Tina Wamona

Wamona, Tina (2011) Penerapan teknik permainan bahasa crossword untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Tina Wamona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Permainan Crossword Keterampilan Menulis Puisi di SD. Bahasa Indonesia adalah belajar berkomonikasi. Bahasa merupakan saran komonikasi dalam masyarakat. Untuk dapat berkomonikasi yang baik seseorang perlu belajar cara berbahasa yang baik dan benar. Pembelajaran bahasa akan lebih baik manakalah dipelajari sejak dini dan berkesinambungan. Begitu pula di Indonesia bahasa Indonesia mmenjadi materi pembelajaran yang wajib diberikan disetiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Hal itu dilakukan supaya peserta didik mampu menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta mampu menerapkannya dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggungkapkan (1) Penerapan Menggunakan Teknik Permainan Bahasa Crossword untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi (2) Penerapan menggunakan Teknik Permainan Bahasa crossword dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data pelaksanaan pembelajaran pada tahap para tindakan dan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan teknik permainan bahasa crossword wawancara tes dokumentasi (foto). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembelajaran masih bersifat konvesional dimana pembelajaran berpusat pada guru (2) Hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia masih perentase nilai rata-rata 53.15% dari 46 siswa dengan tingkat keberhasilan siswa mencapai 24.45% (3) Hasil pembelajaran siswa pada siklus I pertemun pertama memperoleh presentasi rata-rata kels 56.6% sedangkan pada pertemuan II memperoleh presentase rata-rata kels 69% pada siklus II pertemuan I memperoleh presentase rata-rata kelas 74.86% sedangkan pada pertemuan II memperoleh presentase rata-rata kelas dengan penigkatan 85.95% Berdasarkan pembelajaran dapat disimpulkan bahawa penerapan teknik permainan bahasa crossword dapat meningkatakan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDn Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini didasarkan kendaknya guru dapat memelih dan menggunakan teknik permainan bahasa yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103897

Actions (login required)

View Item View Item