Sarasa, Aisah (2011) Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiry untuk meninkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lesanpuro I kota malang / Aisah Sarasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry hasil belajar aktivitas PKn Sekolah Dasar Pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengutarakan pendapat. Model pembelajaran harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry pada mata pelajaran PKn di SDN Lesanpuro I Kota Malang (2) apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry Berdasarkan rumusan diatas maka peneliti berpendapat bahwa dengan penerapan model Telaah Yurisprudensi Inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kota Malang. Manfaat penelitian ini adalah untuk guru kepala sekolah bagi peneliti lain dan juga dinas pendidikan. Model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry yang di pelopori oleh Donal Oliver dan James P. Shaver ini merupakan model pembelajaran yang membantu siswa untuk belajar berpikir secara sistematis tentang isu-isu kontemporer yang sedang terjadi dalam masyarakat dengan memberikan mereka cara-cara menganalisis dan mendiskusikan isu-isu sosial model pembelajaran ini membantu siswa untuk berpartisipasi dalam mendefenisikan ulang nilai-nilai sosial. Sedangkan menurut Uno (2007 31) mengemukakan bahwa model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry dapat melatih siswa untuk peka terhadap permasalahan sosial mengambil posisi (sikap) terhadap permasalahan tersebut serta mempertahankan sikap tersebut dengan argumentasi yang relevan dan valid. Model ini juga dapat mengajarkan siswa untuk dapat menerima atau menghargai sikap orang lain terhadap suatu masalah yang mungkin bertentangan dengan sikap yang ada pada dirinya. Atau sebaliknya ia bahkan menerima atau mengakui kebenaran sikap yang diambil orang lain terhadap suatu isu sosial tertentu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bersiklus model Kemmis dan McTaggart meliputi perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kota Malang berjumlah 46 orang dengan komposisi siswa laki-laki 17 dan 29 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah dengan memberikan post-test pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta wawancara setelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Analisis data kuantitatif untuk mendiskripsikan karakteristik hasil tes belajar siswa dan analisis kualitatif untuk hasil aktivitas siswa melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh keterangan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan model Telaah Yurisprodensi Inquiry memperoleh skor rata-rata kelas sebesar 91 5% dengan kualifikasi nilai A pada kategori sangat baik. Maka dapat diketahui bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada skor rata-rata kelas 91 5% jika dibandingkan dengan partisipasi siswa pada siklus I skor rata-rata kelas 75 5% sehingga pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry sudah optimal. Hasil penelitian yang diperoleh dari data lapangan (1) presentasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Lesanpuro I Kota Malang sebelum penelitian tindakan sebesar 51 41% (2) presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 71 30% (3) presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus kedua sebesar 88 47% dari skor ideal 100. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kota Malang disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran yang baru yang dapat menarik perhatian siswa sehingga dalam kelas siswa aktif bertanya dan dapat mengemukakan pendapatnya dengan baik seperti model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiry pada matapelajaran PKn dalan upaya peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |