Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan literasi pada siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Robeka Djulem - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan literasi pada siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Robeka Djulem

Djulem, Robeka (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan literasi pada siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Robeka Djulem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis Karangan Deskripsi Pendekatan Literasi SD. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang membentuk pribadi manusia yang utuh dalam berpikir bertindak dan berbuat bertujuan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) tentu akan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pendekatan yang tepat merupakan alternatif terbaik sehingga seorang siswa mampu mengeluarkan semua bakat dan kemampuan dalam dirinya karena kerap kali siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini dilihat dari tugas-tugas dan nilai ulangan harian yang berkaitan dengan materi pelajaran menulis karangan deskripsi yang ditulis yaitu masih sulit dibaca guru karena tulisan siswa masih belum rapi penempatan huruf besar dan kecil tidak teratur dan penggunaan tanda baca belum maksimal siswa kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan buah pikirnya isi kalimat relatif tidak menggambarkan topik dan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak sinambung paragraf yang satu dengan paragraf yang lain tidak koheren. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara penerapan pendekatan literasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SD (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pendekatan literasi pada siswa kelas III SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Untuk tahap perencanaan pembelajaran dilakukan berdasarkan refleksi awal kemudian dilanjutkan dengan perencanaan pembelajaran pada siklus I dan II yang berpedoman pada APKG I dan juga pada rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan Literasi yang mencakup enam tahap yakni penempatan media menemukan ide serta pembentukan kelompok melakukan pemburaman berdasarkan judul pembahasan hasil kelompok memperhatikan karangan yang sesuai dengan struktur bahasa ejaan dan tanda baca menuliskan kembali hasil diskusi kemudian menempelkan pada papan mading. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Untuk siklus I dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2011 mulai pukul 08 15-09.15 WIB dan dilanjutkan dengan siklus II pada tanggal 10 Maret 2011 mulai pukul 08.00-09.10 WIB. Pada pelaksanaan pembelajaran setiap siklus dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa yang awalnya tidak mampu dalam menulis karangan deskripsi menjadi mampu menulis karangan deskripsi dimana siswa menjadi lebih terampil dalam menulis karangan deskripsi serta mampu menempatkan kata-kata dengan baik tulisan siswa pun menjadi lebih baik dan mudah dibaca oleh guru penempatan kalimat juga menjadi lebih sempurna dan kemampuan menulis karangan menjadi lebih baik. Dengan berbekal kemampuan yang dimiliki oleh siswa diharapkan mereka mampu mengaplikasikan hal tersebut dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta sebagai bekal dalam kehidupan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Literasi mampu memberikan kesan bagi siswa dimana siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan siswa merasakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Kesimpulan Nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal yakni 60 40% dan hanya 26 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan hasil belajar pada siklus I namun pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72 66% untuk nilai rata-rata siswa secara klasikal sedangkan 46 siswa berhasil mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 4 siswa dinyatakan tidak tuntas hasil belajarnya dimana nilai yang diperoleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103895

Actions (login required)

View Item View Item