Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan kooperatif learning (Cooperative Learning) pada siswa kelas III SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen kota malang / Urbanus Waitaby - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan kooperatif learning (Cooperative Learning) pada siswa kelas III SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen kota malang / Urbanus Waitaby

Waitaby, Urbanus (2011) Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan kooperatif learning (Cooperative Learning) pada siswa kelas III SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen kota malang / Urbanus Waitaby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Berbicara Kelancaran Keruntutan Kooperatif. Permasalahan dalam penelitian yang dilakukan di SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang adalah guru didalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa masih menggunakan metode konvensional. Dalam pembelajaran anak belum terampil berbicara secara lancar dan runtut sehingga perlu diterapkan pendekatan kooperatif di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan kooperatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kiduldalem I Malang dan mendeskripsikan pendekatan kooperatif untuk meningkatkan keruntutan berbicara siswa kelas III SDN Kiduldalem I Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Untuk menyaring data diperoleh dengan observasi tes dokumentasi wawancara.Teknik analisis data dengan cara metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kooperatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kelancaran da keruntutan berbicara siswa. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajara siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 75 27 % dan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar adalah 100 %. Hasil ini berarti telah terjadi peningkatan hasil kelancaran berbicara siswa sebesar 68 83 %. Pendekatan kooperatif juga meningkatkan keruntutan berbicara siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa dalam aspek keruntutan dalam berbicara adalah 90 % dan pada siklus II prosentase belajarnya adalah 100 %. Ini berarti telah terjadi peningkatan hasil keruntutan berbicara siswa sebesar 20 %. Dari hasl PTK ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kiduldalem I dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang memaksimalkan potensi siswa untuk berbicara/berkomunikasi. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti berdialog berdiskusi Tanya jawab mengungkapkan pendapat/sanggahan menanggapi peristiwa/persoalan bercerita dan lain sebagainya. Pendekatan kooperatif dapat meningkatkan kelancaran dan keruntutan berbicara siswa kelas III SDN Kiduldalem I Kecamatan Klojen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103893

Actions (login required)

View Item View Item