Kobawon, Fransina (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model TTW mata pelajaran IPS kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Fransina Kobawon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Think-Talk-Write (TTW) Aktivitas dan Hasil Belajar Pada proses pembelajaran siswa akan berhasil kalau dirinya sendiri ada kemauan untuk belajar dan keinginan atau dorongan untuk belajar karena dengan peningkatan motivasi belajar maka siswa akan tergerak serta terarahkan sikap dan perilaku siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN MAdyopuro 5 Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi koperasi tujuan dan manfaat perbedaan koperasi dengan badan usaha lainnya belum maksimal. Selain itu siswa cenderung merasa bosan jika pembelajarannya bersifat konfensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan yang melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model TTW dalam penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap think pada tahap think siswa merangkum hasil yang sudah dibacakan didalam kelompok. Tahap ke 2 yaitu tahap talk pada tahap ini yang dilakukan siswa adalah berdiskusi dengan teman sendiri dan tahap ke 3 yaitu tahap write tahap Write terlihat pada saat siswa mulai menulis hasilnya yang tadi dibaca dalam rangkuman . Dari tahap-tahap dalam model ini terlihat ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari deskripsi hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran bertujuan melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya ke dalam bentuk tulisan secara sistematis oleh karena itu selama proses pembelajaran guru mengadakan penilaian proses untuk mengetahui keaktifan siswa yaitu siklus I 68 75% dan siklus II 81 25%. Dan ketuntasan belajar yang diperoleh pada saat pra tindakan yaitu 43 47% siklus I sebesar 73 91% sedangkan siklus II semuanya sudah mencapai nilai yang maksimal. Penerapan model TTW dalam pembelajaran koperasi ini merupakan salah satu alternatif dalam meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SD. Dengan demikian disarankan bagi peneliti lain agar penelitian ini di jadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman pengembangan profesi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |