Penerapan model pembelajaran group resume untuk meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Habida Tuburpon - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group resume untuk meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Habida Tuburpon

Tuburpon, Habida (2011) Penerapan model pembelajaran group resume untuk meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Habida Tuburpon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Group Resume Hasil Belajar PKN SD. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan watak warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. ditemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN masih rendah. Hal ini dibuktikan (Guru kelas) dengan menunjukkan lembaran hasil ulangan harian siswa yang masih jauh dari standar ketuntasan yang sudah ditentukan. Nilai rata-rata kelas 57 33 dari 45 siswa tingkat keberhasilan siswa mencapai 34% dan tingkat ketidakberhasilan siswa mencapai 66%. sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal atau standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan di SDN Madyopuro II minimal 70 %. Standar ketuntasan minimal (SKM) pada mata PKN 70 %.Selain itu model pembelajaran yang digunakan oleh Guru kelas IV SDN Madyopuro II dalam proses belajar mengajar beliau katakan bahwa seringkali beliau menggunakan metode dan pendekatan yang kurang bervariatif Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro II yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki dan seorang guru kelas.pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi hasil observasi lembar kerja siswa (LKK) soal tes pedoman wawancara serta rencana pelaksanaan tindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume tidak hanya dapat meningkatkan aspek kognitif saja namun semua aspek yang menyangkut perkembangan siswa dalam pembelajaran seperti kemampuan bekerjasama serta partisipasi siswa dalam pembelajaran selain itu pembelajaran kooperatif tipe Group Resume juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang serta mengelola pembelajaran secara individual klasikal maupun secara kelompok. 2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SDN Madyopuro II. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes pada siklus I mencapai 68 66% dan meningkat menjadi 82 55% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SDN Madyopuro. Tentunya model pembelajaran ini bisa diterapkan pada kelas yang berbeda. Saran kepada guru sebaiknya menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume sebagai variasi model pembelajaran. Saran kepada siswa hendaknya meningkatkan hasil belajar dengan cara lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103891

Actions (login required)

View Item View Item