Penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Pius Tokndekut - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Pius Tokndekut

Tokndekut, Pius (2011) Penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen kota Malang / Pius Tokndekut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Inkuiri Hasil Belajar IPA SD. Proses pembelajaran IPA menekankan bagaimanah siswa belajar dan terlbat langsung sangat dipengaruhi oleh apa yang sebenarnya ingin dipelajari siswa dan untuk mengembangkan kompetensi agar dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Tujuan dari peneliti ini anatara lain (1) untuk mendeskripsikan kemampuan dalam penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri di kelas V SDN Kauman 2 (2) Untuk mengetahui dan mengkaji tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran Inkuiri dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN Kauman 2 Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 4 tahap yaitu I Siklus dilakukan dengan dua kali dan Siklus II dilakukan dengan dua kali juga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kauman 2 Kota Malang dengan jumblah 48 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes wawancara dan observasi. Hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan pendekatan Inkuiri lebih efektif dan lebih efisien pada siswa. Meningkat pada siklus I dan II. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri dapat dilihat pada tes yang dilakukan pada protes diperoleh ketuntasan klasikal di peroleh ketuntasan 23 siswa yang tuntas (47%) setelah dilakukan tindakan melalui pembelajaran IPA dengan konsep pembentukan tanah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuri maka hasil belajar meningkat pada tes siklus I yaitu 28 siswa (58 33%) yang tuntas namun belum memenuhi standar ketuntasan yang ditentukan dalam penelitian ini sesuai dengan SKBM SDN Kauman 2 yaitu75 %. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar yang diperoleh sangat meningkat yaitu 42 siswa (87 5%) yang tuntas atau meningakat 26% dari tes siklus I serta melebihi ketuntasan klasikal 75%. Sehingga pembelajaran konsep pembentukan tanah dianggap dinyatakan tuntas atau berhasil. Namun demikian perlu adanya perbaikan pada 7 siswa yang belum mencapai ketuntasan individu . Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pendekatan Inkuiri dalam mengajar IPA.Bagi Siswa dapat mengambangkan keterampilan proses dan hasil belajarnya dengan cara belajar melalui proses penemuan dan penyelidikan sehingga konsep yang di pelajari akan bertahan lama. Kepada penliti lain metode penelitian dalam penelitian ini dapat di gunakan pada penelitian-penelitian laian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103889

Actions (login required)

View Item View Item