Iskandar, Rahayu (2011) Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar bilangan romawi siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 kota Malang / Rahayu Iskandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Langsung Bilangan Romawi SD Kelas IV Matematika merupakan pengetahuan yang berhubungan secara tersusun untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat didefenisikan secara logika. Dalam pembelajaran Matematika perlu menggunakan pendekatan yang bukan saja dapat meningkatkan hasil pembelajaran tetapi juga dapat mengajarkan keterampilan bekerjasama antar siswa agar kelak mereka mampu bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kedungkandang Kota Malang yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (b) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kedungkandang Kota Malang yang mencakup pemahaman konsep bilangan Romawi. Model yang digunakan adalah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung dianggap mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena di dalamnya siswa berlatih secara terstruktur. Penelitian dikhususkan pada mata pelajaran Matematika khususnya materi pokok lambang bilangan Romawi. Rencana penelitian dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep matematika materi pokok lambang bilangan Romawi pada pra siklus menjadi 74 56% pada siklus I 81 30% kemudian menjadi pada siklus II 90 00%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |