Siarukin, Ruben Yosua (2011) Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Klojen kota Malang / Ruben Yosua Siarukin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model TPS Hasil Belajar IPS SD Mata pelajaran IPS merupakan langkah awal mengenalkan anak didik untuk mempelajari ilmu sosial. Dengan demikian maka dalam dirinya akan tumbuh jiwa sosial. Salah satu tujuan dari mata pelajaran IPS adalah agar peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis rasa ingin tahu inkuiri memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial. Hal ini dimaksudkan sebagai sarana latihan terhadap anak didik agar berani mengambil keputusan untuk memecahkan segala masalah. Tujuan penelitian yaitu (1) Mendeskripsikan model pembelajaran Think Pair Share di kelas V SDN Klojen Kota Malang pada mata pelajaran IPS (2) Mendeskripsikan peningkata hasil belajar siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPS. TPS merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. TPS menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil (2 sampai 4 orang dalam kelompok). TPS memiliki prosedur belajar yang terdiri atas siklus regular aktivitas pembelajaran kooperatif. Namun tahapan TPS dimasukkan sebagai tahapan review setelah siswa bekerja dalam tim. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari. 1) Perencanaan. 2) Pelaksanaan. 3) observasi. 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes lembar Observasi (Guru dan Siswa). Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 16 siswa (48 49%). Pada siklus II meningkat lagi yaitu siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa (100%) setelah penerapan model TPS. Penerapan model pembelajaran TPS sangat cocok dengan pembelajaran IPS bagi siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang yaitu pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan rumusan dasar negara karena dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) model TPS dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPS kelas V SDN Klojen Kota Malang (2) model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |