Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang / Nangsi Wadjin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang / Nangsi Wadjin

Wadjin, Nangsi (2011) Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang / Nangsi Wadjin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Matematika Model Two Stay-Two Stray (TSTS). Pelaksanaan pembelajaran matematika hendaknya guru dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar yang ditujukan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan belajarnya. Permasalahannya tentang aktivitas dan hasil belajar siswa. Akar penyebab munculnya hasil belajar siswa di bawah SKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70% karena dalam proses KBM guru di kelas masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tugas individu dan guru belum paham dengan model-model pembelajaranKegiatan pembelajaran tersebut berdampak pada aktivitas dan pemahaman siswa tarhadap materi yang diajarkan. Siswa cenderung pasif lebih dominan bercerita dengan teman sebangkunya. sehingga pemahaman siswa pada materi penjumlahan pecahan kurang. Hasil Tes menjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Untuk soal no 1Sebanyak 17 % untuk soal no 2 sebanyak 15% untuk soal no 3 sebanyak 57 5% untuk soal no 4 sebanyak 13 % dan untuk soal no 5 sebanyak 67 5%. Hasil tes menunjukan bahwa siswa kurang terampil dalam menghitung penjumlahan pecahan. Tujuan penilitian ini 1)Mendiskripsikan penerapan model TSTS dalam pembelajaran Matematika kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang 2)Mendiskripsikan peningkatan Aktivitas belajar Matematika siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang setelah belajar melalui model pembelajaran TSTS 3)Mendeskripsikan hasil siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang dalam pembelajaran Matematika yang diajar dengan model TSTS. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes observasi lembar APKG dan dokumentasi. Selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan alur penelitian PTK. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I pertemuan pertama 68 22 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan kedua nilai rata-rata hasil belajar siswa 75 11 termasuk kategori(cukup). Pelaksanaan tindakan siklus I pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua meningkat sebesar (6 89%). sedangkan siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa (76 22) termasuk kategori(cukup) dan pertemuan kedua mencapai 79 77 termasuk kategori(tinggi). Pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan sebesar (3 55%). Dari data hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) Pada Siswa Kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103883

Actions (login required)

View Item View Item