Peningkatan pemahaman isi bacaan melalui strategi PQ4R (preview, question, reading, review, recite, reflect) pada siswa kelas Va SDN Lesanpuro 3 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Atika Martha Batserin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman isi bacaan melalui strategi PQ4R (preview, question, reading, review, recite, reflect) pada siswa kelas Va SDN Lesanpuro 3 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Atika Martha Batserin

Batserin, Atika Martha (2011) Peningkatan pemahaman isi bacaan melalui strategi PQ4R (preview, question, reading, review, recite, reflect) pada siswa kelas Va SDN Lesanpuro 3 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Atika Martha Batserin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi PQ4R pemahaman isi bacaan SD. Keterampilan membaca digunakan untuk memperoleh pemahaman terhadap isi bacaan. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD difokuskan pada kemampuan siswa memahami dan menggunakan bahasa sebagai alat komonikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dan mengara pada peningkatan kemampuan siswa untuk dapat berkomonikasi dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan. Hasil orientasi di lapangan siswa kelas Va SDN Lesanpuro 3 umumnya mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman yang meliputi siswa belum terampil menentukan rangkaian kalimat belum terampil bercerita kembali berdasarkan kalimatnya sendiri belum mampu mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanjaan dan belum mampu membuat kesimpulan serta menemukan pesan moral. Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi PQ4R untuk meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas Va SDN Lesanpuro 3. Peningkatkan keterampilan membaca pemahaman di SD perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang menarik yaitu dengan penerapan strategi PQ4R (Preview Question Reading Review Recite Reflect) Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi Wawancara tes. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika mencapai kreteria ketuntasan dengan subjek penelitian dengan rata-rata skor minimal 80. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar secara klasikal dengan nilai 58 10% pada pra tindakan dengan standar ketuntasan klasikal 80% dari ketuntasan ideal 100% pada tindakan siklus 1 bertamba menjadi 67 97% dan kemudian menjadi 84 59% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi PQ4R dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Saran kepada guru dalam mengajar hendaknya tidak sekedar mengajar berdasarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton. Sebagai guru SD hendaknya lebih cermat dalam memilih menata dan mempresentasikan materi pembelajaran sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103881

Actions (login required)

View Item View Item