Penerapan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wehelmina Kauy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wehelmina Kauy

Kauy, Wehelmina (2011) Penerapan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wehelmina Kauy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Gambar Seri Kemampuan Bercerita Bahasa Indonesia di SD Pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar komunikasi. Dengan pendekatan komunikatif ini siswa harus diberi kesempatan untuk melakukan komunikasi Baik secara lisan maupun tulisan. Supaya siswa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka siswa perlu dilatih sebanyak-banyaknya atau diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan kegiatan berkomunikasi. Dengan mempertimbangkan karakteristik anak yang lebih memperhatikan terhadap sesuatu yang menarik perhatian mereka membangkitkan minat dan motivasi belajar serta melatih imajinasi anak maka penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak dapat dilakukan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan cara penerapan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) Mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyouro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan dan seorang guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Lembar Kerja Siswa (LKS) Soal tes pedoman wawancara catatan lapangan serta rencana pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri tidak hanya dapat meningkatkan aspek kognetif saja tetapi juga kelancara membaca keberanian dan dan semua aspek yang menyangkut perkembangan siswa dalam pembelajaran seperti kemampuan bekerja sama serta partisipasi siswa dalam pembelajaran itu selain itu pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran secara individual klasikal maupun berkelompok. 2) Penerapan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi murid di setiap siklus pada siklus I mencapai rata-rata 33 6% dan meningkat menjadi rata-rata 96 8% pada silus II. Pada Pratindakan kosa kata yang dikuasai murid masih sangat kurang setelah adanya pembelajaran dengan penerapan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita diadakan wawancara denga murud perbendaharaan kata yang dikuasai bertambah keberanian anak untuk mengungkapkan pertanyaan balik dengan penelitian patut diacungi jempol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tentunya pembelajaran ini dapat diterapka dalam kelas yang berbeda untuk keterampilan yang sama. Saran kepada guru agar memakai model pembelajaran ini agar siswa tidak bosan dan termotivasi. Saran kepada siswa hendaknya meningkatkan hasil belajar dan kemampuannya dengan cara yang lebih aktif dan kreaktif dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103880

Actions (login required)

View Item View Item