Using storytelling strategy to improve vocabulary mastery of the fifth graders in SDN Lowokwaru 2 Malang / Hany Noviya - Repositori Universitas Negeri Malang

Using storytelling strategy to improve vocabulary mastery of the fifth graders in SDN Lowokwaru 2 Malang / Hany Noviya

Noviya, Hany (2017) Using storytelling strategy to improve vocabulary mastery of the fifth graders in SDN Lowokwaru 2 Malang / Hany Noviya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviya Hany. 2017. Penggunaan Strategi Stortelling Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 5 SD di SDN Lowokwaru 2 Malang . Skripsi Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip TESL. M.Pd Kata Kunci kosakata strategi storytelling pembelajar muda Kosakata adalah sumber bahasa bagi para siswa dalam membentuk sebuah kalimat. Hal ini penting sebagai elemen dasar untuk mengembangkan keterampilan berbahasa (mendengarkan berbicara membaca dan menulis). Di samping peran penting kosa kata ada beberapa penelitian mengenai pembelajaran kosakata khususnya bagi pelajar muda yang hasilnya mengindikasi bahwa penguasaan kosakata mereka tidak memuaskan. Siswa-siswa yang ada di SDN Lowokwaru 2 Malang juga mempunyai permasalah yang sama. Hal itu dapat diketahui karena kurang adanya strategi yang menarik untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk menerapkan strategi bercerita dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap pemahaman kosakata. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan berkolaborasi bersama guru bahasa Inggris dan mencakup empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari 4 pertemuan 3 pertemuan digunakan untuk mengimplementasikan strategi dan 1 pertemuan untuk tes kosakata. Selama proses implementasi strategi peneliti bertindak sebagai guru sementara guru bahasa Inggris bertindak sebagai pengamat. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi bercerita bisa meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hasil dari tes kosakata siswa telah mencapai kriteria keberhasilan. Nilai rata-rata ujian akhir kosakata siswa dalam siklus 1 adalah 81.5 dan terdapat 91.17% siswa telah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil kuisioner siswa kebanyakan dari mereka memberikan komentar yang positif dan respon yang baik terhadap implementasi strategi bercerita. Sedangkan menurut hasil lembar observasi kebanyakan dari siswa terlibat aktif dan menunjukkan sikap yang positif selama proses pembelajaran. Peneliti melakukan tiga tahap dalam menerapkan strategi bercerita. Dalam tahap pra-cerita peneliti melakukan kegiatan pemanasan untuk menarik perhatian siswa dan memberikan mereka beberapa gambar sebagai kata kunci dari cerita. Tahap berikutnya adalah bercerit peneliti menceritakan sebuah kisah dua kali dengan menggunakan gerakan tubuh ekspresi wajah mimik dan beberapa gambar. Terakhir adalah tahap pasca bercerita dalam hal ini peneliti memberikan siswa beberapa tugas untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item