Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rembulan Parsin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rembulan Parsin

Parsin, Rembulan (2011) Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rembulan Parsin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Problem Based Instruction mengenal penjumlahan pecahan di Sekolah Dasar. Keberhasilan proses pembelajaran di kelas salah satunya di tentukan oleh cara guru menggunakan model pembelajaran di gunakan harus sesuaikan denga kebutuhan siswa karena setiap model pembelajaran kemampuan yaitu tujuan prinsip dan penekanan yang berada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 kecamatan Kedungkandang Kota Malang melalui model problem Based Instruction (PBI). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dengan jumlah siswa 43 siswa. Rencana penelitian ini menggunakan penggembangan Kemmis dan Taggart. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dikategorikan baik dengan melihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari pra tindakan Siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata kelas sebesar 59 53% meningkat menjadi 66 74% dan meningkat lagi menjadi 75 58%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti mengharapkan bahwa tidak hanya mata pelajaran Matematika saja yang mencoba menggunakan model pembelajaran Problem Based instruciont tetapi juga untuk mata pelajaran yang lain dapat juga menggunakan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103879

Actions (login required)

View Item View Item