Penerapan model assure untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Maria Singerin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model assure untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Maria Singerin

Singerin, Maria (2011) Penerapan model assure untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Maria Singerin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Assure Pembelajaran IPA. Model Assure dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi. Model Assure lebih difokuskan pada perencanaan pembelajaran untuk digunakan dalam situasi pembelajaran di dalam kelas secara actual. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2011 pada kelas V menunjukkan bahwa praktek pembelajaran IPA yang dilakukan lebih menitikan beratkan pada kemampuan berpikir siswa dalam menghafal dan siswa cenderung malas berpikir secara mandiri. Hal ini sebapkan karena pola atau cara mengajar guru yang tidak menggunakan media pembelajaran namun siswa hanya disuruh untuk memperhatikan media yang ada pada buku paket. Selain itu guru juga jarang melibatkan siswa dalam pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Assure di kelas V SDN Madyopuro 4 Malang (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model Assure pada pelajaran IPA kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang (3). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Assure pada pelajaran IPA kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu (1). Planning (2). Action Observing (3). Reflection dan (4). Revise Plan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes wawancara dan observasi. Hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan model Assure lebih efektif dan membantu siswa untuk dapat terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPA melalui penggunaan model Assure 1). Prosentasi hasil belajar pada pra tindakan mencapai 60 15% dimana siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 orang (40 6%) dan yang belum tuntas adalah 19 orang (59 4%) pada siklus I prosentase hasil belajar mencapai 69 22% menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan 18 orang (56 52%) dan yang belum mencapai ketuntasan 14 orang (43 75%). Sedangkan pada siklus II prosentasi hasil belajar mencapai 82 12% dan siswa yang mencapai ketuntasan 27 orang (81 81%) dan belum mencapai ketuntasan mencapai 6 orang (18 18%). Prosentasi keberhasilan diatas menunjukkan bahwa pembelajaran IPA iitelah mencapai standar ketuntasan klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bawah pembelajaran IPA dengan konsep jenis-jenis tanah telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian model Assure dapat meningkatkan pembelajaran IPA maka disarankan 1)guru hendak memanfaatkan atau mampu mempertahankan model Assure tetapi perlu juga memperhatikan hal-hal sebagai berikut (a)karakteristik siswa.(b) tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.(c)seleksi media metode dan bahan ajar.(d)pemanfaatan bahan ajar.(e)keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan (f)evaluasi dan revisi. 2) bagi kepala sekolah selalu menyediakan sumber-sumber belajar yang relevan sarana prasarana yang dapat mendukung pembelajaran IPA dengan menggunakan model Assure.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103877

Actions (login required)

View Item View Item