Penerapan model pengajaran langsung setting berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan persegi panjang siswa kelas IIIb SDN Lesanpuro 3 Malang / Berlinda Ngoranmele - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pengajaran langsung setting berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan persegi panjang siswa kelas IIIb SDN Lesanpuro 3 Malang / Berlinda Ngoranmele

Ngoranmele, Berlinda (2011) Penerapan model pengajaran langsung setting berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan persegi panjang siswa kelas IIIb SDN Lesanpuro 3 Malang / Berlinda Ngoranmele. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Pengajaran Langsung setting berkelompok pembelajaran matematika hasil belajar. Matematika merupakan pengetahuan yang berhubungan secara tersusun untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat didefenisikan secara logika. Dalam pembelajaran matematika perlu menggunakan pendekatan yang bukan saja dapat meningkatkan hasil pembelajaran tetapi juga dapat mengajarkan keterampilan bekerjasama antar siswa agar kelak mereka mampu bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik. Permasalahan yang terjadi di kelas III b SDN Lesanpuro 3 Malang yaitu rendahnya hasil belajar siswa sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III b SDN Lesanpuro 3 Malang yang mencakup pemahaman konsep keliling persegi dan persegi panjang. Model yang digunakan adalah Pengajaran Langsung setting berkelompok. Pengajaran langsung setting berkelompok dianggap mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena di dalamnya siswa berlatih secara terstruktur. Penelitian dikhususkan pada materi pokok keliling persegi dan persegi panjang. Rencana penelitian dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan diskriptif kwalitatif. Subjek penelitian siswa kelas III b SDN Lesanpuro 3 Malang yang banyaknya 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep matematika materi pokok keliling persegi dan persegi panjang secara klasikal mengalami peningkatan dari 30 % pada pra tindakan menjadi 49.44% pada siklus I pertemuan I sedangkan siklus I pada pertemuan II menjadi 52 77% kemudian menjadi 69.44% pada siklus II pada pertemuan I sedangkan pada pertemuan II menjadi 88 33%. Kemampuan kerja sama yang diseting dalam model pengajaran langsung setting berkelompok terjalin dengan baik. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target SKM yang ditetapkan (65%) setelah pembelajaran dengan model pengajaran langsung seting berkelompok diterapkan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru selalu menerapkan model pembelajaran dalam mengajarkan mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103876

Actions (login required)

View Item View Item