Laiyan, Stevianus (2011) Penggunaan model TGT (teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Sukoharjo I Kecamatan Klojen Kota Malang / Stevianus Laiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif TGT hasil belajar dan aktifitas siswa pada mata peajaran IPA sekolah dasar. Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sehar-hari. Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Sukoharjo I Malang adalah rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsriskan penerapan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukoharjo I Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya secara klasikal mengalami peningkatan dari 63 39 % pada pra tindakan menjadi 73 04 % kemudian menjadi 82 13 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 58.62 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93.33 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukoharjo I Kecamatan Klojen Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan penerapan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dan bagi kepala sekolah hendaknya membantu menyediakan sarana pembelajaran yang relevan sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |