Peningkatan keterampilan membaca cerita melalui metode sustained silent reading (SSR) pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eciana Karey - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca cerita melalui metode sustained silent reading (SSR) pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eciana Karey

Karey, Eciana (2011) Peningkatan keterampilan membaca cerita melalui metode sustained silent reading (SSR) pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eciana Karey. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Membaca Cerita Metode Sustained Silent Reading (SSR) Siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya siswa kelas V diharapkan dapat memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini. Berdasarkan hasil penelitian awal tentang kemampuan membaca siswa kelas V SDN Madyopuro I masih rendah. Salah satu penyebab kurang berhasilnya pembelajaran membaca ini diduga karena faktor pendekatan dan bahan ajar yang dipergunakan dalam pembelajaran kurang berfariasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pendekatan metode Sustained Silent Reading (SSR) dalam meningkatkan keterampilan membaca cerits siswa kelas V SD (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan metode Sustained Silent Reading (SSR). Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 43 anak dengan rincian laki-laki 26 dan perempuan 18 anak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi atau pengamatan tes dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data menjadi dua yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk data kuantitatif diperoleh dari instrumen tes. Hasil penelitian menunjuhkan bahwa kemampuan membaca cerita siswa melalui metode sustained silent reading (SSR) pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat diketahui dari hasil pra tindakan sebesar 59 97% siklus 1 69 37% siklus 2 77 55% siswa dengan menggunakan metode sustained silent reading (SSR) Secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca cerita siswa kelas V SD dapat ditingkatkan melalui metode sustained silent reading (SSR). Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode sustained silent reading (SSR) dalam pembelajaran membaca cerita di kelas V SD maupun di kelas yang lain. Penerapan metode sustained silent reading (SSR) merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan kemapuan membaca siswa SD sehingga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103873

Actions (login required)

View Item View Item