Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Dick and Carey pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Martha Seltit - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Dick and Carey pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Martha Seltit

Seltit, Martha (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Dick and Carey pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Martha Seltit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran model Dick and Ceray aktivias dan hasil belajar IPS SD. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa juga dituntut mampu berkomunikasi bekerjasama dan bersaing dengan sehat dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal nasional maupun global. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro 3 adalah rendahnya hasil belajar dan kerjasama siswa dalam belajar. Sehingga perlu adanya tindakan inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 yang mencakup pemahaman konsep dan kerjasama antar siswa. Model pembelajarnan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Dick and Ceray. Dick and Ceray terdiri atas sebelas komponen antara lain Menyiapkan alat dan media yang digunakan selama berlangsungnya proses belajar mengajar Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam doa dan mengecek kehadiran siswa serta menyiapkan siswa untuk belajar. Guru memulai pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kleas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di indonesia secara klasikal mengalami peningkatan dari 51 93% pada pra tindakan menjadi 62 37% kemudian menjadi 67 74% pada siklus. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah model pembelajaran Dick and Ceray diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran Dick and Ceray dalam mengajar mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengharapkan bahwa tidak hanya mata pelajaran IPS saja yang mencoba menggunakan model pembelajaran Dick and Ceray tetapi juga untuk mata pelajaran yang lain dapat juga menggunakan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103872

Actions (login required)

View Item View Item