Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Vd SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Diana Resikahil - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Vd SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Diana Resikahil

Resikahil, Diana (2011) Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Vd SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Diana Resikahil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Model Peta Konsep Aktivitas Hasil belajar dan IPA Pelaksanaa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hendaknya guru lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar yang ditujukan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan belajarnya. Permasalahan yang terjadi di kelas Va SDN Madyopuro 1 adalah kegiatan pembelajaran masih dominan guru yang berperan aktif sehingga hal ini berpengaruh pada proses aktivitas dan hasil belajar siswa yang sebagian besarnya dibawah SKM 65 yaitu 57 56. Akar penyebab proses aktivitas dan hasil belajar siswa di bawah standar SKM 65 diduga karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran dan kurangnya penguasaan guru terhadap model pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif pada kegiatan belajar dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Penerapan model Peta Konsep dalam pembelajaran IPA siswa kelas Va SDN Madyopuro 1 Kota Malang 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas Va SDN Madyopuro 1 Kota Malang dalam pembelajaran yang diajarkan dengan model Peta Konsep 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Madyopur 1 Kota Malang . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari. 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va SDN Madyopuro 1 Kota Malang yang terdiri dari 41 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes lembar observasi (Guru dan siswa) dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh data bahwa dari hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 62 05 dan pertemuan 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa 69 5. Pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 meningkat sebesar (7 45%) sedangkan pada siklus II pertemuan 1 76 97 dan pada pertemuan 2 mencapai 87. Pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar (10 03%). Sehubungan dengan itu aktivitas belajar siswa pun telah meningkat. Pada tes pra tindakan hanya 16 siswa yang tuntas meningkat 17 siswa pada siklus I namum hasil tersebut belum memenuhi standar ketuntasan klasikal. Pada siklus II ternyata meningkat menjadi 36 siswa yang tuntas hasil tersebut telah mencapai standar ketuntasan klasikal baik hasil belajar maupun aktivitas siswa. Dari data hasil temuan peneliti di atas maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Peta Konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Madyopuro 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103871

Actions (login required)

View Item View Item