Peningkatan keterampilan siswa menulis karangan deskriptif melalui penerapan model mind mapping di kelas III SDN Madyopuro 4 / Maria Dina Gorety Bwarleling - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan siswa menulis karangan deskriptif melalui penerapan model mind mapping di kelas III SDN Madyopuro 4 / Maria Dina Gorety Bwarleling

Bwarleling, Maria Dina Gorety (2011) Peningkatan keterampilan siswa menulis karangan deskriptif melalui penerapan model mind mapping di kelas III SDN Madyopuro 4 / Maria Dina Gorety Bwarleling. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Mind Mapping Menulis Karangan Deskriptif Sekolah Dasar. Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa adat istiadat suku dan budaya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu menulis sebuah karangan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran penilitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan-permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskriptif di kelas III SDN Madyopuro 4 (2) Apakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskriptif di kelas III SDN Madyopuro 4. Penilitian PTK ini dilakukan di kelas IIIa SDN Madyopuro 4 kecamatan kedung kandang kabupaten Malang dengan jumlah siswa 30 orang yang dilaksanakan dalam model siklus sesuai dengan Kemis Taggart. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep tentang situasi dan konteks saat menulis karangan secara klasikal mengalami peningkatan dari 63.39 % pada pra tindakan menjadi 82.21% pada siklus I. Selanjutnya menjadi 99.60% pada suklus II. Hasil Ketuntasan pada Pra siklus diperoleh skor 30.4% dan pada siklus I diperoleh skor 83.6% pada siklus II diperoleh skor 95.6%. Hasil Ketidak tuntasan pada Pra siklus diperoleh skor 80 26% dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 47.8% dan pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 4.4%. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Hal ini disimpulkan bahwa Model pembelajaran Mind Mapping telah berhasil meningkatkan keterampilan Menulis karanga siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan Model pembelajaran Mind Mapping dalam mengajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis karangan deskriptif. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103870

Actions (login required)

View Item View Item