Peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi pada siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang / Bastian Barends - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi pada siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang / Bastian Barends

Barends, Bastian (2011) Peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi pada siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang / Bastian Barends. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis laporan Pengamatan catatan pribadi SD Bahasa merupakan bagian yang penting bagi seseorang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk dapat berkomunikasi dan bertukar pendapat satu dengan yang lainnya baik secara lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa pemersatu bangsa Indonesia dikatakan demikian karena bangsa Indonesia memiliki kekayaan keberagaman suku adat istiadat dan bahkan keberagaman bahasa daerah masing-masing. Permahasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa kurang mempunyai minat dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga perlu adanya inofasi dan perbaikan yang akan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal sehingga dengan diterapkannya peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi berdasarkan hasil pengamatan di lapangan untuk mengembangkan pola pembelajaran yang di dalamnya siswa terlibat aktif dan mempunyai semangat dalam pembelajaran. Tujuan dari peneitian ini adalah (1) Menerapkan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi pada siswa SDN Klojen kota Malang (2) Dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui catatan lapangan pada siswa SDN Klojen kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan beberapa tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi berdasarkan desain PTK Kemis dan MC Taggart. Penelitian ini di lakanakan dalam II siklus dengan subjek penelitian sebanyak 32 orang pada siswa kelas V SDN Klojen Kota Malang. Hasil kemampuan menulis laporan pengamatan dalam penelitian ini di peroleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 62 5%. Sedangkan pada siklus I kemampuan menulis siswa secara klasikal meningkat menjadi 195 8%. Pada siklus II kemampuan menulis siswa secara klasikal meningkat menjadi 311 8%. Secara keseluruan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari target yang telah di tetapkan setelah dengan penerapan pembelajaran menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi pada siswa berdasarkan hasil pengamatan di lapangan. Dengan menulis laporan pengamatan melalui catatan pribadi dapat meningkatkan hasil dan aktifitas siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahaa Indonesia.Penelitian ini ini kiranya dapat menjadi acuan bagi para guru untuk ke depannya lebih baik lagi dalam mendesain sebuah pembelajaran yang optimal untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga siswa lebih bergairah dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103869

Actions (login required)

View Item View Item