Sirloy, Zet (2011) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan pokok bahasan sistem pemerintahan pusat di SDN Kiduldalem 1 Kota Malang / Zet Sirloy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Role Playing aktivitas dan hasil Belajar PKn SD. PKn merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa di SDN Kiduldalem 01 Kota Malang belum menerapkan Model Role Playing. Sebagian siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 75%. Berdasarkan hal tersebut Model Pembelajaran Role Playing Sangat tepat digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan Penerapan Model Role Playing dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kiduldalem 01 2)Mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pada pokok bahasan sistem pemerintahan pusat melalui Model Pembelajaran Role Playing siswa kelas IV SDN Kiduldalem 01.3) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kiduldalem 1 Penelitian ini menggunakan Model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai nilai standar minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 80%.Subjek penelitian ini adalah guru dan 29 siswa kelas IV SDN Kiduldalem 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Sedangkan intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG I dan II post test. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa 1) pada pembelajaran PKn siklus I mencapai prosentasi keberhasilan 65 dan pada siklus II mencapai prosentase keberhasilan 80 2) untuk aktifitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai nilai rata-rata 62 50% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 74 15% 3) Untuk hasil belajar siswa pada waktu pra tindakan (sebelum penerapan model pembelajaran Role Playing mencapai rata-rata kelas 59 31% Selanjutkan peniliti menyarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Role Playing pada pembelajaran PKn denga kompetensi lain atau mata pelajaran lain dengan demikian siswa dapat mengembangkan potensi diri melalui Role Playing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |